Powered by Blogger.

DEFINISI QUEUE (ANTRIAN)


Definisi

Queue (antrian) adalah list linier yang :

  1. elemen yang pertama kali masuk antrian disebut elemen depan (front/head of queue), sedangkan elemen yang terakhir kali masuk disebut elemen belakang (rear/tail of queue).
  2. merupakan salah satu contoh aplikasi dari double linked list, yaitu kumpulan data dengan penambahan data (elemen) hanya melalui satu sisi, yaitu belakang (tail) dan penghapusan data (elemen) hanya melalui sisi depan (head). Karena sifat keluar-masuknya elemen queue melalui kedua ujung queue, maka elemen-elemen pada kedua ujung barisan tersebut perlu diidentifikasi.
  3. satu elemen dengan elemen lain dapat diakses melalui informasi Next
  4. merupakan struktur data dinamis, ketika program dijalankan, jumlah elemennya dapat berubah secara dinamis sesuai keperluan.


List linier/Linked List (senarai berantai) yaitu sekumpulan elemen bertype sama, yang mempunyai keterurutan tertentu, yang setiap elemennya terdiri dari 2 bagian.
Linked List terdiri dari:

1.Single Linked List
pointer hanya dapat bergerak satu arah saja, maju/mundur, atau kanan/kiri sehingga pencarian data hanya dapat bergerak dalam satu arah saja.

2.Double Linked List
pointer dapat bergerak ke semua arah sehingga pencarian data dapat bergerak dalam berbagai arah.

Struktur data ini banyak dipakai dalam informatika misalnya untuk merepresentasi:

  1. antrian job dalam sistem operasi
  2. antrian dalam dunia nyata.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Latihan vb 6 dengan judul DEFINISI QUEUE (ANTRIAN). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajar-dgn-vb.blogspot.com/2012/06/definisi-queue-antrian.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday 26 June 2012

Belum ada komentar untuk "DEFINISI QUEUE (ANTRIAN)"

Post a Comment