Powered by Blogger.

IMPLEMENTASI QUEUE DENGAN LINEAR ARRAY


Linear Array adalah suatu array yang dibuat seakan-akan merupakan suatu garis lurus dengan satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Dengan adanya 2 pintu, Sehingga membutuhkan variabel Head dan Tail. Gambar berikut menunjukkan model penyajian antrian dengan linier array :
depan (Head) Belakang (Tail)
max=5
Keluar 1 2 3 4 5 masuk
Berikut diberikan penggalan konstanta, type dan variabel yang akan dipakai untuk menjelaskan operasi-operasi dalam queue linear array.

Operasi-operasi pada queue dengan linear array :

1. Create
Procedure Create berguna untuk menciptakan Queue yang baru dan kosong yaitu dengan cara memberikan nilai awal (head) dan nilai akhir (tail) dengan 0(nol). Nol menunjukkan bahwa queue(antrian) masih kosong. Berikut penggalan procedure
create.

2. IsEmpty
Function IsEmpty berguna untuk mengecek apakah Queue masih kosong atau sudah berisi data. Hal ini dilakukan dengan mengecek apakah tail bernilai nol atau tidak, jika
nol maka kosong. Berikut penggalan function IsEmpty :
Const
MaxQueue = 5;
Type
TypeQueue = byte;
Var
Queue : array[1..MaxQueue] of TypeQueue;
Head, Tail : Byte;
Procedure create;
Begin
Head := 0;
Tail := 0;
End;
Function IsEmpty : Boolean;
Begin
If Tail = 0 then
IsEmpty := true
Else
IsEmpty := false;
End;

3. IsFull
Function IsFull berguna untuk mengecek apakah Queue sudah penuh atau masih bias menampung data dengan cara mengecek apakah nilai tail sudah sama dengan jumlah maksimal queue, jika nilai keduanya sama maka penuh. Berikut penggalan function full:

4. EnQueue
Procedure EnQueue berguna untuk memasukkan 1 elemen ke dalam Queue. Berikut penggalan procedure enqueue.

5. DeQueue
Procedure DeQueue berguna untuk mengambil 1 elemen dari queue, operasi ini sering disebut SERVE. Hal ini dilakukan dengan cara memindahkan semua elemen satu langkah ke posisi di depannya, sehingga otomatis elemen yang paling depan akan tertimpa dengan elemen yang terletak di belakangnya. Berikut penggalan procedure DeQueue.
Function IsFull : Boolean;
Begin
If Tail = MaxQueue then
IsFull := true
Else
IsFull := false;
End;
Procedure enqueue(elemen : byte);
Begin
If IsEmpty then
Begin
Head := 1;
Tail := 1;
Queue [Head] := elemen;
End;
End;
Procedure DeQueue;
Var i : byte;
Begin
If not IsEmpty then
Begin
For i := Head to Tail-1 do
Queue [i] := queue [i-1];
Dec(tail);
End;
End;

6. Clear
Procedure Clear berguna untuk menghapus semua elemen dalam queue dengan jalan mengeluarkan semua elemen tersebut satu per satu sampai kosong dengan memanfaatkan procedure dequeue. Berikut penggalan procedure clear.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Latihan vb 6 dengan judul IMPLEMENTASI QUEUE DENGAN LINEAR ARRAY. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajar-dgn-vb.blogspot.com/2012/06/implementasi-queue-dengan-linear-array.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday 27 June 2012

Belum ada komentar untuk "IMPLEMENTASI QUEUE DENGAN LINEAR ARRAY"

Post a Comment